Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian menyelenggarakan Sosialisasi Database UMKM pada Kamis, 6 Januari 2022 di Aula Tampomas Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang.  Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Bidang UMKM Diskoperindag (Wuddan Lukmanul Hakim, S.STP.,M,Si) dan Kepala Bidang Informatika di Diskominfosanditik (Arief Samsudin,S.T.,M.T) sebagai Narasumber, serta Aparatur Desa dan Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sumedang sebagai Operator sekaligus Verifikator Aplikasi UMKM .

Untuk mempercepat pendataan, pelaku UMKM di beri kemudahan untuk dapat mendaftarkan diri sendiri melalui aplikasi yang dapat diakses di https://umkm.sumedangkab.go.id/ . Dari aplikasi ini selanjutnya dapat di verifikasi oleh aparatur desa setempat melalui e office desa.

“Saya harap pendataan lancer, agar tindak lanjut bisa lebih cepat, efesien dan akurat. Tentu kedepannya data UMKM ini akan sangat dibutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan terutama di masa pemulihan ekonomi pasca pandemic covid 19” ujar Kepala Bidang UMKM . Selain itu, implementasi aplikasi juga turut dibantu oleh rekan pranata computer dan tim dari Diskominfosanditik .

(penerbit: disperindag.sumedangkab.go.id)